Mengenal Profesi-profesi dalam Sebuah Tim SEO

Pengetahuan ini saya peroleh dari SEO agency dimana saya bekerja dan belajar, yang menerapkan white hat SEO pada website klien-kliennya.

Jadi disini saya membahas dalam ruang lingkup yang khusus. Karena susunan sebuah tim SEO tergantung pada metode SEO yang digunakan.

Ada yang mengandalkan white hat, grey hat, atau black hat. Ada yang suka outreach link building, PBN, atau DAS.

Nah, di bawah ini adalah susunan sebuah tim white hat SEO yang mengandalkan teknik outreach untuk membangun backlink. Saya simulasikan klien yang ditangani adalah klien USA.

Project Manager

Dia adalah pimpinan tim yang biasanya dipegang oleh pemilik SEO agency. Tugasnya meliputi berkomunikasi dengan klien, on page SEO, riset dan analisa keywords, analisa kompetitor, membuat project plan, dan sebagainya. Merangkap juga sebagai marketer yang memasarkan jasa SEO, meeting dengan klien, mengedukasi klien, dan membuat proposal penawaran untuk klien.

Gaji

Klien biasanya dikenai biaya sekitar 1500 – 3000 USD per bulan, untuk project jangka panjang (biasanya lebih dari 6 bulan). Jika per bulan biaya operasional adalah 1000 USD maka seorang project manager/SEO agency owner bisa memperoleh 500 – 2000 USD per bulan.

Itu dari 1 klien, tidak mustahil jika dalam waktu bersamaan mempunyai beberapa klien.

Cara Menjadi SEO Project Manager

Tentu harus memiliki pengetahuan white hat SEO yang mumpuni. Juga pengetahuan metode SEO lainnya. Skill lain yang perlu dimiliki adalah marketing, manajemen klien, manajemen project, dan leadership.

Link Prospector

Bertugas mencari link opportunities. Mencari website yang kemungkinan bisa dipasangi link dengan imbalan value tertentu.

Misalnya Project Manager menyuruh mencari guest post opportunities untuk keywords “pets”. Maka Link Prospector akan menggunakan search query/search operator tertentu untuk mencarinya:

pets “Add Articles”
pets “Add Content”
pets “Become a Contributor”
pets “Become a Guest Blogger”

Hasil pencariannya dicatat dalam sebuah spreadsheet yang disediakan oleh Project Manager.

Gaji

Profesi ini bayarannya paling kecil, sekitar 4 – 7 USD per jam. Namun jam kerjanya sering dibatasi, kisaran 20 jam per minggu.

Cara Menjadi Link Prospector

Memahami white hat SEO secara umum, mampu menggunakan mesin pencari Google dan Bing, memahami kualitas backlink, memahami teknik organic link building secara umum, mampu berbahasa Inggris setidaknya pasif (reading). Senjata utamanya adalah kumpulan search query.

Saya mempunyai sekitar 500 search query yang digunakan untuk mencari link opportunities untuk website berbahasa Inggris dan Indonesia. Nanti Insya Allah saya bagikan.

Outreach Manager

Berdasarkan link opportunities yang ditemukan oleh Link Prospector, seorang Outreach Manager akan menghubungi prospek satu per satu lewat email. Kadang juga menggunakan telepon namun jarang terjadi.

Pekerjaan utamanya negosiasi dan berkomunikasi dengan prospek, memastikan backlink terpasang dengan baik dan sesuai target.

Gaji

Sekitar 7 – 15 USD per jam. Seperti link prospector jam kerjanya juga seringkali dibatasi.

Cara Menjadi Outreach Manager

Bahasa Inggrisnya harus bagus karena jadi bekal utama berkomunikasi dengan prospek. Skill lainnya sama dengan Link Prospector, senjata utamanya adalah email template dan Gmail.

Insya Allah akan saya bagikan juga email template bahasa Inggris dan Indonesia untuk masing-masing teknik link building.

Content Creator

Biasanya dibutuhkan dua tipe yaitu writer dan infographic designer. Tugasnya bekerja sama dengan Outreach Manager dan membuat konten-konten yang diperlukan.

Gaji

Writer dibayar antara 20 – 150 USD per artikel, atau 10 – 25 USD per jam kerja. Infographic designer dibayar kisaran 100 – 200 USD per desain.

Cara Menjadi Content Creator

Tentu harus bisa bahasa Inggris yang baik.

Seorang writer harus bisa menulis dengan baik dan mampu melakukan riset. Biasanya writer ada yang mempunyai template (kerangka) artikel yang siap digunakan.

Infographic designer harus mampu menerjemahkan data ke dalam sebuah desain yang bagus dan mudah dipahami.

Apakah Bisa Dilakukan Sendiri?

Bisa.

Semua profesi di atas bisa kita lakukan sendiri jika hanya menangani web pribadi atau 1 klien saja. Untuk SEO agency yang melayani banyak klien mau tidak mau harus membangun sebuah tim.

Jika tertarik mendalami salah satu profesi memang sebaiknya mempelajari dan mempraktekkan semua profesi. Agar didapat pemahaman bagaimana sebuah SEO agency bekerja.

Setelah itu silakan berburu job, tempat paling enak menurut saya saat ini untuk mencari job adalah di Upwork.com.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer