Cara Mudah Mengetahui Peringkat SERP Keyword

Dalam ilmu SEO keberadaan keywords sangatlah penting. Kita mengenal istilah SERP, singkatan dari Search Engine Result Page. Adalah posisi kata kunci yang kamu bidik saat ini ada di halaman Google yang keberapa.

Jika kamu serius dalam optimasi SEO pada suatu website, wajib untuk mencatat perkembangan setiap pergerakan keyword. Karena dengan itu kamu bisa mengetahui apakah tindakan yang kamu lakukan berpengaruh positif atau negatif terhadap keywords. Kemudian kamu bisa menentukan langkah selanjutnya.

Sebagai contoh, website yang saya mau optimasi saat ini adalah www.redbus.id. Sebuah website yang menyediakan pemesanan tiket bus secara online. Niche yang cocok tentunya seputar travelling. Kata kunci yang saya bidik kali ini adalah “Tiket Bus”.

Untuk mengecek pergerakan keywords ini dapat dilakukan secara manual atau dengan bantuan software.

Cek SERP Secara Manual

Untuk pengecekan secara manual caranya adalah:

  1. Buka browser. Dan buka “New Incognito Window”. Bagi yang menggunakan Chrome, menunya ada di pojok kanan atas.
  2. Buka google.co.id (atau bisa juga google yang lain, yang sesuai dengan market bisnis kamu. Misal jika pasar kamu adalah Singapura, maka bukanya www.google.com.sg).
  3. Ketik “Tiket Bus” di kolom pencarian dan Enter.
  4. Cari link yang menuju website kamu. Google akan menampilkan 10 website per halaman.
    Cara Mudah Mengetahui Peringkat SERP Keyword
    Saat ini (Desember 2016) kata kunci yang mau saya optimasi berada di peringkat 4. Selanjutnya tinggal cari jalan bagaimana caranya supaya bisa mengalahkan 3 website yang ada di atasnya.

Jika kamu mau cek peringkat di kata kunci lainnya, silahkan ulangi langkah-langkah tadi. Cara ini sangat efektif dan realtime. Tapi sayangnya ada 2 kekurangan jika kamu menggunakan metode ini:

  • Pertama, bila website kamu masih berada jauh dari peringkat 10 besar. Kamu harus buka berlembar-lembar halaman Google.
  • Kedua, jika kata kunci yang kamu bidik ada banyak. Tentu akan sangat memakan waktu untuk memeriksa satu per satu.

Cek SERP Menggunakan Software

Ada cara lebih mudah dalam melakukan pengecekan SERP. Yaitu dengan bantuan software yang tersebar di Internet. Ada yang berbayar, namun banyak juga yang gratisan.

Saya berasumsi yang membaca jenis artikel seperti ini adalah orang yang pemula dalam SEO, untuk itu saya rekomendasikan untuk menekan bujet seminim mungkin. Coba pakai dulu yang gratisan, jika blog kamu sudah mulai menghasilkan, boleh pertimbangkan memakai software berbayar.

Software untuk melacak posisi SERP gratis yang sering saya pakai adalah www.whatsmyserp.com. Ini adalah software web based. Jadi tidak perlu mengunduh dan menginstall apa-apa. Jadi hemat memory laptop.

Cara penggunaannya sebagai berikut:

  1. Buka www.whatsmyserp.com di browser kamu.
  2. Pilih “SERP Check” di menu bagian atas.
  3. Tulis nama web/blog kamu di kolom “Domain Name” dan pilih region Googlenya.
    Cara Mengetahui Peringkat SERP Keyword
    Untuk “Competition Domain” boleh diisi, boleh tidak. Jika kamu tidak mau membandingkan dengan saingan kamu, boleh dikosongkan.
  4. Pada kolom “Keywords” kamu bisa masukkan kata kunci yang dipilih. “Exact Searches” boleh dikosongkan. “Curr” adalah peringkat kamu saat ini, “Prev” peringkat sebelumnya, “Best” Peringkat terbaik yang pernah kamu capai.
  5. Tanda panah hijau melingkar adalah untuk refresh hasil pencarian. Dan “Delete” adalah jika kamu ingin menghapus kata kunci. Jangan tekan ini jika kamu masih ingin tetap memantau keyword yang sama di kemudian hari. Karena history juga akan ikut terhapus.
    Cara Mengetahui Peringkat Keyword

Salah satu keunggulan software ini selain web based adalah dia dapat menyimpan kata kunci yang sedang kita bidik. Jadi tidak perlu menginput lagi jika besok-besok kamu ingin memeriksa.

Keunggulan lain, software ini bisa menampung sampai 20 keywords yang berbeda. Sudah sangat cukup jika kamu masih pemula dalam blogging.

Demikianlah cara termudah untuk mengetahui peringkat keyword di Google. Jika kamu tidak mau pusing dengan semua langkah-langkah ini, bisa pertimbangkan untuk menggunakan jasa SEO profesional.

Guest post dari Denny Setiawan.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer